Usai Konser, “Ya Samman” Tour di Tiga Kota

Selasa, 19 Juli 2011


Venesia Online - Lagu Ya Samman karya kamsul A Harla, direncanakan bakal tour di tiga kota, Baturaja, Sekayu dan Ogan Komering Ilir. Hal itu terungkap dalam audienci tim manajemen Lagu Ya Samman (PAReS management dan Lembaga Kebudayaan Venesia dari Timur), dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwsata (Disbudpar) Sumsel, Senin, (18/7).

Audienci ini diterima langsung Kepala Disbudpar Sumsel, H.Moehamad Jhonson,SE, didampingi Drs.Dadang Irawan, Kabid Pengembangan Seni Budaya, Heri Wijaya,SH Kasi Pengembangan Kebudayaan dan Chandra Amprayadi,SH, Kepala UPTD Taman Wisata Budaya Kerajaan Sriwijaya (TWBKS) Sumsel. Sementara dari panitia, Kamsul A Harla (Pencipta lagu Ya Samman), Muhammad Syahrian,SH (Direktur PAReS management), Imron Supriyadi,S.Ag (Direktur Program Venesia dari TIMUR) Palembang.

Pada kesempatan itu, Direktur PAReS management Palembang, Muhammad Syahrian,SH mengatakan tour Ya Samman di tiga kota ini dilakukan sebagai tindaklanjut Festival Tari dan Lagu Ya Samman pada hari Kamis, 21 Juli 2011nanti. “Program ini sengaja kami gagas, sebagai lanjutan dari acara festival dan konser Ya Samman. Bagi pemenang, baik tari dan lagu bukan tidak mungkin jika nanti akan kita libatkan dalam tour ini. Sebab, dalam festival ini kita melibatkan siswa dan siswi SMP/SMA dan sanggar tari di 15 Kabupaten kota se-Sumsel,” katanya.

Sementara itu, Imron Supriyadi, Direktur Program Lembaga Kebudayaan Venesia dari TIMUR Palembang menambahkan, Festival Tari dan Lagu Ya Samman sekaligus untuk menginventarisasi sanggar seni tari dan lagu di setiap sekolah di Sumsel. “Jika kita punya database yang jelas di setiap sekolah, akan memudahkan kita untuk melihat potensi apa yang perlu dikembangkan, terutama di sejumlah sekolah. “Banyak hal yang perlu digali dan dikembangkan bagi setiap sekolah, terutama dalam bidang seni,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Disbudpar Sumsel, H.Moehamad Jhonson,SE menyatakan, pihaknya menyambut baik atas kerja kreatif yang dilakukan panitia. Diharapkan, dengan program yang digagas dapat menjadi ruang kreasi bagi pelaku seni tari dan lagu di Sumsel, terutama bagi siswa dan siswa dan siswi di setiap sekolah dan sanggar seni tari di Sumsel. “Gagasan tour Ya Samman ini bisa kita bantu, di tahun 2012. Makanya perlu koordinasi dengan Pak Dadang yang memegang bidang pengembangan seni dan budaya. Nanti proposalnya disampaikan ke Pak Dadang, supaya bisa diagendakan di tahun depan,” tambahnya.
Menurut Jhonson, lagu Ya Samman sangat identik dengan Dunia Melayu dan Dunia Islam. Sebab, kalau melihat konten dan iramanya, lagu Ya Samman ciptaan Kamsul A Harla ini sarat dengan nuansa melayu. “Potensi ini perlu dimaksimalkan, sehingga bukan hanya sebatas rutinitas saja, tetapi setiap program harus punya target yang jelas. Setelah acara, mau apa. Ini yang penting. Jadi harus ada out put yang jelas dan jangan sampai membuat event asal jadi. Kalau asal jadi, bisa memalukan daerah,” tegasnya.

Sebagaimana informasi sebelumnya, pada hari Kamis 21 Juli 2011, akan digelar Konser Tari dan Lagu Ya Samman, di Graha Budaya Jakabaring Palembang pukul 16.00-17.30 WIB. Sebelum konser, di pagi harinya, pukul 08.00-16.00 WIB akan dilakukan kompetisi tari dan lagu Ya Samman, dengan melibatkan sekolah dan sanggar seni tari di Sumsel. “Report terakhir hari ini (Senin/18/7), sudah ada tujuh kabupaten dan kota yang siap ikut serta dalam kompetisi ini,” pungkas Muhammad Syahrian,SH. (rel)


0 komentar: